Labels

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 17 April 2013

Bokashi jerami


            Jerami dapt digunakan sebagai pupuk organik karna mengandung unsure hara, diantaranya K yang merupakan unsure yang lumayan besar dan Si yang dibutuhkan oleh padi.
            Pupuk organik jerami dapat dibuat menjadi bokashi, caranya sebagai berikut :

            Bahan yang digunakan
a.       Jerami sebanyak 10 Kg yang telah dipotong-potong sehingga jerami berukuran 5-10 cm.
b.      Dedak sebanyak 0,5 Kg dan sekam sebanyak 10 Kg
c.       EM4 sebanyak dua sendok makan (bisa juga air beras + molasses)
d.      Molasses atau gula sebanyak dua sendok makan dan air secukupnya

Cara pembuatan
1.      Campurkan larutan EM4, molasses, dan air dengan perbandingan 1 ml : 1 ml : 1 liter air.
2.      Bahan jerami, sekam dan dedak dicampur merata kelantai yang kering.
3.      Selanjutnya bahan disiram larutan EM4 secara perlahan dan bertahap sehingga terbentuk adonan. Adonan yang terbentuk jika dikepal dengan tangan, maka tidak ada air yang keluar dari adonan. Begitu juga bila kepalan dilepaskan maka adonan kembali mengembang (kandungan air 30%).
4.      Adonan selanjutnya dibuat menjadi gundukan setinggi 15-20 cm. gundukan selanjutnya ditutup dengan karung goni selama 3-4 hari. Selama dalam proses, suhu bahan dipertahankan antara 40-500 C. jika suhu bahan melebihi 500, maka karung penutup dibuka dan adonan dibolak-balik dan selanjutnya gundukan ditutup kembali.
5.      Setelah empat hari karung goni dapat dibuka. Pembuatan bokashi dikatakan berhasil jika bahan bokasi terfermentasi dengan baik. Ciri-ciri adalah bokashi akan ditumbuhi oleh jamur yang berwarna putih dan aromanya sedap. Sedangkan jika dihasilkan bokashi yang berbau busuk, maka pembuatan bokashi gagal.
6.      Bokashi yang sudah jadi sebaiknya lanngsung digunakan. Jika  bokashi ingin disimpan, maka bokashi harus dikeringkan terlebih dahulu dengan cara menganginkan di atas lantai hingga kering. Setelah kering bokashi dapat dikemas dalam kantong plastik.

Kegunaan
Ø  Bokashi jerami sangat baik digunakan untuk melanjutkan proses pelapukan mulsa dana bahan organic lainnyadi lahan pertanian. Bokashi jerami juga sesuai untuk aplikasi di lahan sawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar